Kunjungan Edukasi: Santri Asrama Al-Fityan School Aceh Kunjungi Dermaga Kapal Nelayan & Pasar Ikan Lampulo

Kunjungan Edukasi: Santri Asrama Al-Fityan School Aceh Kunjungi Dermaga Kapal Nelayan & Pasar Ikan Lampulo

“Mengembaralah ke penjuru negeri sehingga kau tau apa yang manusia alami dan kau dapat ilmu disana” (Ibn Battutah).

Kunjungan Edukasi merupakan program semester Asrama Putra Al-Fityan School Aceh, mengunjungi lokasi yang padat dengan aktifitas rutinitas masyarakat. Pada tahun pelajaran 2019/2020 semester ganjil ini tepatnya pada Sabtu 23 November 2019, Asrama Putra mengadakan agenda Kunjungan Edukasi ke Pelabuhan Kapal Nelayan dan Pasar Ikan Lampulo Banda Aceh. Rombongan dikomandoi Ustaz Asri (Musyrif) dan juga dibantu musyrif lainnya, para santri diberi arahan dan diperkenalkan hal-hal terkait dengan kelautan dan nelayan sebelum keberangkatan.

Kegiatan kunjungan edukasi ini berlangsung mulai pukul 10.00 s/d 17.00 WIB. Kunjungan edukasi kali ini dikhususkan untuk santri SMA. Adapun agenda kunjungan antara lain wawancara dengan nelayan, petugas dermaga, pawang boat, petugas pasar dan pedagang hasil laut. Dilanjutkan dengan berkeliling memasuki boat nelayan dan pusat pasar hasil laut kota banda aceh. Para santri sangat antusias dan mendapat ilmu serta pengalaman yang sangat berharga, begitu pula para nelayan dan pedagang di pasar, mereka sangat bersenang hati dikunjungi dan diajak berdialog anak-anak sekolah. Pada saat pamit untuk berpisah, pedagang menghadiahi santri dua keranjang berisi ikan.
Dengan pertemuan ini diharapkan para santri mengetahui, bagaimana kinerja para nelayan yang bertahan hidup dilaut lepas, kesibukan para petugas dermaga dengan mengatur kedatangan dan keberangkatan boat/kapal. Serta santri juga mendapat pelajaran penting, mengenali hasil laut yang sehat, bergizi dan layak konsumsi. Selain itu para santri juga mengetahui pemasaran hasil laut di Kota Banda Aceh.

Dengan terselenggaranya kunjungan edukasi ini, selain mendapat ilmu, harapan agar santri memahami perjuangan hidup para nelayan, mengambil pelajaran semangat juang dari mereka, serta menghentikan sikap yang tidak baik membuang sisa makanan (ikan/hasil laut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat sekarang
Halo, Ada yang bisa kami bantu ?
Halo,
Apa yang bisa saya bantu
Powered by